'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pertemuan Triwulan PCA Se-Kabupaten Kebumen
18 Januari 2022 18:32 WIB | dibaca 94

Pengisian acara kajian oleh Ibu Hj. Yuhana, S.Ag

Pimpinan Daerah Aisyiyah Kebumen selenggarakan Pertemuan Triwulan pada Ahad 16 Januari 2022. Kegiatan pertemuan triwulan ini adalah pertemuan PDA dengan PCA se-Kabupaten  Kebumen yang diselenggarakan setiap 3 bulan dan bergilir di PCA. Sejak Pandemi Covid-19 kegiatan ini sempat terhenti dan hari Ahad kemarin merupakan pertemuan yang perdana di awal tahun 2022. PCA yang bertugas sebagai panitia penyelenggara adalah PCA Kebumen. Pertemuan yang dilaksanakan di Gedung  Aisyiyah Medical Center lantai 2, Jl. Arumbinang No. 20 Kebumen dihadiri oleh Bapak Drs. Dahsyat M.Pd yang mengawali kegiatan dengan kultum. Bapak Drs. Dahsyat M.Pd menyampaikan tentang perlunya ‘Aisyiyah menyiapkan kader untuk menguatkan ideologi dan organisasi. Ibarat sebuah pohon, organisasi yang baik adalah pohon yang tumbuh subur, kuat banyak cabang dan ranting dengan dedaunan yang rimbun. Penguatan secara ideologi dilaksanakan diantaranya melalui pengajian walaupun yang hadir sedikit tetapi konsisten. Penguatan organisasi perlu memperhatikan Qaidah Amal Usaha dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, mengingat kasus terbesar akhir-akhir ini di Kebumen tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah dimana  AUM Pendidikan di Kebumen kehilangan sampai 62 orang guru karena diterima di program pemerintah P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). ‘Aisyiyah perlu menyiapkan data base yang selalu up-date diikuti dengan pembinaan ideologi dan organisasi yang intensif sehingga tidak akan kekurangan atau kehilangan kader.

Hadir juga pada pertemuan triwulan kali ini Ketua PDM Kebumen Bapak KH. Abduh Hisyam, S.Ag. dalam sambutannya KH. Abduh Hisyam, S.Ag menggarisbawahi apa yang disampaikan Ketua PCM Kebumen dan Ketua PDA Kebumen yaitu mengingatkan bahwa untuk membentuk kader bisa dilakukan dengan 3 cara yakni kader keluarga, kader organisasi dan kader Amal Usaha. Untuk itu ketua PDA Kebumen mengingatkan agar di masing-masing PCA selalu menggandeng PCNA sebagai kader ‘Aisyiyah di masa yang akan datang.

Pada pertemuan triwulan kali ini kegiatan juga diisi oleh KLZ Aisyiyah tentang pengelolaan dana aisyiyah. Majelis dikdasmen juga menyampaikan mengenai akreditasi sekolah dan program pelatihan SIMAM (sistem informasi manajemen aset Muhammadiyah). Aiasyiyah Medical Center (AMC) yang diwakili oleh Ibu Yuli Susilowati, S.Kep., Ns., MH  juga melakukan sosialisasi mengenai pelayanan di klinik.

Inti kegiatan diisi dengan pengajian oleh Ketua Majelis Tabligh ibu Hj. Yuhana, S,Ag. Ibu Hj Yuhana S.Ag menyampaikan tentang pentingnya kita memperbaiki kualitas ibadah utamanya shalat.Perbaikan atau peningkatan kualitas shalat baik itu terpenuhinya kewajiban 5 waktu ditambah shalat malam dan dhuha, memperbaiki gerakan shalat dan melaksanakan shalat berjamaah.  Dengan shalat yang berkualitas in syaa Allah akan memperbaiki akhlak dan ibadah-ibadah yang lain. PDA kebumen berharap situasi pandemi Covid 19 di Indonesia semakin membaik sehingga pertemuan triwulan dapat dilakukan rutin secara luring.

Shared Post: