'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Ibu Hamil sehat Saat Pandemi Covid-19
19 Mei 2020 10:21 WIB | dibaca 81

Panduan untuk ibu hamil selama pandemi Covid-19

Adanya penyakit baru yang di sebabkan karena virus Corona berpengaruh besar tidak hanya bagi yang terkonfirmasi positif COVID-19 beserta orang-orang terdekat mereka, tetapi seluruh aspek kehidupan.

Ibu hamil menjadi salah satu golongan yang mengalami kekhawatiran pada masa pandemi covid 19 selain lansia dan orang yang mempunyai penyakit sebelumya. Sistem kekebalan tubuh wanita yang sedang hamil menjadi lebih rentan dibandingkan imunitas orang dewasa pada umumnya. Namun wanita hamil yang terifeksi virus corona tidak menunjukkan gejala yang lebih parah dari orang lain.

Hasil penelitian menyebutkan, ibu hamil yang positif virus corona tidak menularkan COVID-19 kepada bayinya. Hasil penelitiannya tersebut dimuat dalam jurnal Frontiers in Pediatrics dan menjadi penelitian kedua dari Cina untuk mengonfirmasi bahwa ibu yang terinfeksi virus Corona 2019 selama kehamilan tidak menulari bayi mereka.

Apakah yang harus dilakukan wanita hamil ditengah pandemic covid 19?

  1. Untuk melakukan pemeriksaan kehamilan, buatlah janji agar ibu tidak terlalu lama menunggu di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).
  2. Selama perjalanan menuju ke fasyankes ibu hamil harus tetap melakukan pencegahan penularan covid 19 secara umum
  3. Pengisian program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) dipandu oleh bidan/perawat/dokter melalui media komunikasi.
  4. Pelajari buku KIA dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
  5. Ibu hamil harus memeriksa kondisi dirinya sendiri dan Gerakan janinnya. Jika terdapat resiko/tanda bahaya seperti yang tercantum dalam buku KIA, maka periksakan diri ke tenaga kesehatan, dan jika tidak terdapat tanda-tanda bahaya, pemeriksaan kehamilan dapat ditunda.
  6. Pastikan gerak janin diawali pada usia kehamilan 20 minggu dan setelah usia kehamilan 28 minggu hitung Gerakan janin minimal 10 gerakan setiap 2 jam
  7. Ibu hamil diharapkan selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, menjaga kebersihan diri dan tetap melakukan aktivitas fisik berupa senam secara mandiri di rumah agar ibu tetap bugar dan sehat.
  8. Ibu hamil harus tetap minum tablet penambah darah sesuai dosis yang diberikan oleh tenaga kesehatan
  9. Kelas ibu hamil tidak diadakan sampai kondisi aman dan bebas dari pandemi covid 19

 

Ibu Hamil Positif Corona, apakah bayinya bisa tertular?

Hasil penelitian menyebutkan, ibu hamil yang positif virus corona tidak menularkan COVID-19 kepada bayinya

Banyak orang bertanya-tanya terkait tentang risiko penularan virus  COVID-19 terhadap bayi yang dikandung apabila sang ibu positif covid 19.  Dari Seorang profesor di Cina yang melakukan penelitian terkait hal itu, menyatakan bahwa virus tidak menular dari ibu hamil ke bayi yang dilahirkannya. Hasil penelitiannya tersebut dimuat dalam jurnal Frontiers in Pediatrics dan menjadi penelitian kedua dari Cina untuk mengonfirmasi bahwa ibu yang terinfeksi virus Corona 2019 selama kehamilan tidak menularkan kepada bayi mereka. Dalam penelitian tersebut, empat orang ibu dilibatkan yang berfokus pada kesehatan bayi yang baru lahir di Rumah Sakit Union Wuhan saat terinfeksi. Hasilnya, tidak ada bayi yang mengalami gejala serius terkait dengan COVID-19 seperti demam atau batuk, meski semuanya diisolasi di unit perawatan intensif neonatal dan diberi susu formula. Hasil pemeriksaan terhadap  tiga dari empat bayi didapatkan hasilnya  negatif untuk tes infeksi pernapasan setelah usap tenggorokan. Tetapi bayi- bayi tersebut mengalami ruam pada kulitnya. Namun menurut  Dr. Yalan Liu di Universitas Sains dan Teknologi Huazhong dikutip dari Eureka Alert, dia tidak yakin bahwa masalah tersebut brhubungan dengan covid 19. Dalam penelitian sebelumnya pada sembilan ibu hamil yang terinfeksi virus Corona 2019, para peneliti juga tidak menemukan bukti bahwa infeksi virus dapat menular pada bayi.

 

Daftar Pustaka:

Pedoman bagi ibu hamil, ibu nifas dan bayibaru lahir selama social distancing pandemic covid 19

https://tirto.id/studi-ibu-hamil-positif-corona-tak-tularkan-covid-19-pada-bayinya-eG8E

https://open.spotify.com/episode/4ZOIPxeqBgIyNAEKW3MPfN

 

Ditulis Oleh: Diah Astutiningrum, S.Kep, Ns.,M.Kep (Dosen STIKES Muhammadiyah Gombong, Kader PCA Kuwarasan)

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru